Yang Perlu Disiapkan
Sebelum AL, terdapat beberapa hal yang perlu disepakati dan dikomunikasikan oleh pihak program studi. Persiapan ini dilakukan demi proses AL yang lancar tanpa terkendala. Apa saja yang perlu disiapkan?
- Administrasi
- Undangan untuk koordinator dan asesor, pimpinan universitas, fakultas dan program studi, senat, staf akademik, mahasiswa berbagai angkatan, alumni, pengguna, staf pendukung, dan penerjemah
- Pemesanan tiket dan akomodasi untuk koordinator dan asesor
- Kendaraan transportasi untuk operasional selama AL
- Akses ke sarana dan prasarana
- Kantor pengelola
- Ruang kelas
- Laboratorium
- Ruang praktik
- Sekolah laboratorium
- Fasilitas layanan kesehatan mahasiswa
- Ruang bimbingan dan konseling
- Ruang staf akademik dll
- Dokumen terkait kurikulum
- Peta kurikulum
- Modul
- Bahan ajar
- Silabus
- RPS
- Contoh pekerjaan siswa
- Contoh soal dan kisi-kisi ujian
- Dokumen terkait bimbingan akademik, magang, dan tugas akhir
- Dokumen terkait penjaminan mutu internal
- Kebijakan mutu akademik
- Standar mutu
- Manual mutu
- Formulir mutu yang dimiliki
- Sistem informasi
- Perpustakaan
- Koneksi internet
- IT
- Aplikasi
- Learning Management System
- Ruang kerja tim asesor yang dilengkapi LCD dan layar, koneksi internet, printer, spidol, papan tulis, dll
- Program studi juga menyediakan penerjemah jika bahasa Inggris bukan bahasa ibu dan sebagian besar dokumen tidak menggunakan bahasa Inggris